TERMINOLOGI
ANALISA SISTEM
TERMINOLOGI
Analisa : Suatu kegiatan yang dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu
bentuk permasalahan (case) yang ada.
Sistem : Seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, mesin/alat & prosedur serta konsep-konsep
yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Informasi : Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya.
Jenis-Jenis Sistem :
1. Level Organisasi, terdiri dari Transaction Processing System.
2. Level Knowledge, terdiri dari Office Automation System dan pendukung Knowledge Work System.
3. Level Sistem Ahli, terdiri dari sistem informasi manajemen dan Decision Support System.
4. Level Manajemen Strategis, terdiri dari Executive Suport System, Group Decision Suport System dan lebih umum dijelaskan Computer Supported Collaborative Work System.
Siklus Hidup Pengembangan Sistem :
1. Identifikasi masalah, peluang, tujuan.
2. Menentukan syarat-syarat.
3. Menganalisa kebutuhan-kebutuhan sistem.
4. Merancang Sistem yang direkomendasikan.
5. Mengembangkan dan mendokumentasikan perangkat lunak.
6. Menguji dan memperthankan sistem.
7. Mengimplementaikan dan mengevaluasikan sistem.
1. Identifikasi masalah, peluang, tujuan.
2. Menentukan syarat-syarat.
3. Menganalisa kebutuhan-kebutuhan sistem.
4. Merancang Sistem yang direkomendasikan.
5. Mengembangkan dan mendokumentasikan perangkat lunak.
6. Menguji dan memperthankan sistem.
7. Mengimplementaikan dan mengevaluasikan sistem.
Tahap-Tahap Dalam Analisa Sistem :
1. Menetukan secara tepat mengenai sasaran sistem
Sistem analis harus melakukan pemeriksaan terhadap kebijakan dan prosedur pengolahan data dan sistem informasi yang diterapkan pada saat ini yang disebut dengan prevent system.
2. Mempelajari Bentuk Organisasi
Melakukan studi terhadap organisasi meliputi bagan organisasi, job description, mempelajari aliran data yang berlangsung, hubungan dan keterkaitan fungsi dan pekerjaan diantara bagian dalam organisasi serta pengaruh dari luar kepada sistem dalam perusahaan.
3. Menganalisa laporan yang saat ini sudah dihasilkan
Analis terhadap ketepatan waktu dan laporan, muatan data yang kurang, jumlah dan frekuensi laporan yang dihasilkan.
4. Melakukan penelitian terhadap penyelenggaraan sistem dan prosedur yang saat ini dijalankan
Analisa terhadap kebijakan dan prosedur penyelenggaraan pengolahan data baik yang manual maupun yang sudah terkomputerisasi.
5. Mengidentifikasi data masukan
Analisa sistem harus mempelajari data-data input yang nantinya yang akan sangat berpengaruh atas kualitas informasinya.
6. Melakukan evaluasi terhadap efektivitas sistem yang sedang berjalan
Membuat kesimpulan atas analisis efektivitas present system dan analis menyediakan beberapa alternatif pilihan sistem, dengan segala tinjauan kemungkinankemungkinan yang terjadi, baik kekurangan maupun kelebihannya.
Sasaran Perancangan Sistem :
1. Menentukan secara tepat banyaknya informasi
2. Melakukan upaya standarisasi
3. Pengembangan sistem pengendalian
4. Mengurangi fungsi-fungsi yang terduplikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar